menu melayang

Selasa, 10 Agustus 2021

Cara memilih tangki air (TANDON AIR)

Cara memilih tangki air (TANDON AIR) - Tangki air merupakan sesuatu kebutuhan yang penting bagi beberapa orang. Tentunya pemilihan tangki yang benar menentukan kepuasan anda. Karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan pembeli sebelum memilih tangki air.

Cara memilih tangki air (TANDON AIR) yang tepat


1. Jenis / Tipe tangki air

Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum membeli tangki adalah jenis tangki yang sesuai dengan kebutuhan. Tangki air plastik, pendam dan stainlesss menjadi pilihan umum yang harus ditentukan.

Beberapa jenis tangki ini memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Tangki air stainless tidak akan ditumbuhi lumut, dimana ini berbeda dengan tangki air plastik. Karena itu produsen-produsen tangki air plastik menggunakan lapisan penghambat lumut pada bagian dalam tangki.

Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, lumut kemungkinan tetap akan tumbuh pada bagian dalam tangki air plastik. Selain daripada itu, tangki stainless terlihat lebih prestige dan tidak memerlukan perawatan khusus dikarenakan body tangki yang terbuat dari stainless mencegah kotoran nempel didalam body tangki. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki tangki stainless membuat harga tangki ini relatif lebih tinggi daripada tangki air plastik umumnya.

Berbeda dengan tangki pendam, tangki pendam memiliki dinding yang lebih tebal dan kaki yang kuat dari tangki plastik pada umumnya. Sesuai dengan namanya, pemasangan tangki pendam pada umumnya dipendam didalam tanah atau dinding beton. Hal ini akan mengguntugkan pembeli apabila di areanya tidak tersedia ruang yang cukup untuk menyimpan tangki air.

2. Kapasitas

Setelah menetukan jenis tangki air, calon pembeli harus memperkirakan kapasitas tangki air yang sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan dalam menentukan ukuran tangki yang tepat antara lain: jumlah manusia, listrikyang sering padam, air pam tidak mengalir, pompa rusak dan lainya.

Ukuran tangki dapat diperkirakan dengan menghitung jumlah orang yang dikalikan dengan konsumsi air per hari. Contoh: Ukuran tangki (1000 liter) = 4 orang x 250 liter air/hari. Pada umumnya tangki 1000 liter cukup untuk memenuhi kebutuhan 4 orang.

Kapasitas


3. Dimensi

Pembelian tangki harus disesuaikan dengan ukuran tempat yang sudah anda sediakan. Pastikan anda mengukur tinggi, panjang dan lebar lokasi penempatan tangki.

Tidak sedikit, pembeli yang salah memperkirakan ukuran tangki dan tempat yang disediakan. Pembelian tangki stainless steel umumnya disertai dengan kaki untuk menyanggah tangki, ukuran kaki harus diperhitungkan agar sesuai dengan yang diharapkan.

Back to Top

Cari Artikel

Popular Post

Tangki Air Bagus dan Tahan Lama

Kali ini kami akan membagikan cara atau tips memilih tangki air yang bagus dan awet, agar tahan lama. Seperti yang kita ketahui air adalah kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Dengan menggunakan tangki / tandon air sangat membantu untuk menampung air dengan skala besar agar air bisa digunakan dikemudian hari.  Terlebih lagi rumah tangga, manfaat tandon air untuk rumah tangga sangatlah banyak. Namun pertanyaannya, sampai kapan tandon air yang anda gunakan dapat bertahan?. Jawabannya adalah tergantung kualitas tandon air itu sendiri. Maka dari itu di sini lah pentingnya cara memilih tangki air yang bagus dan tahan lama. Sebelum itu, kita harus menjawab definisi dari tangki air. Apa itu Tangki Air? Tangki air adalah wadah untuk menyimpan air. Tangki air merupakan wadah penyimpanan air pilihan masyarakat Indonesia di rumah mereka, umumnya tangki tersebut ditaruh diatas atap rumah dan/atau dipendam di bawah tanah. Tangki Air, Tandon Air, Toren Air Seperti yang disebu